Pengertian six sigma :
Six Sigma menurut
saya adalah suatu alat manajemen
baru yang digunakan untuk mengganti Total Quality Management ( TQM ), dan
didalamnya sangat terfokus terhadap pengendalian kualitas dengan kata lain
mendalami sistem produksi perusahaan secara keseluruhan. Memiliki tujuan untuk
menghilangkan cacat produksi, memangkas waktu pembuatan produk, dan menghilangkan
biaya. Six sigma juga biasanya disebut sistem
komprehensive - maksudnya dalam hal ini adalah strategi, disiplin ilmu, dan
alat - untuk mencapai dan mendukung kesuksesan bisnis. Six Sigma disebut strategi karena terfokus pada peningkatan
kepuasan pelanggan, disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal,yaitu DMAIC ( Define,
Measure, Analyze, Improve, Control )dan alat karena digunakan bersamaan
dengan yang lainnya, seperti Diagram Pareto(Pareto Chart) dan Histogram. Dan
kesuksesan peningkatan kualitas dan kinerja bisnis di dalamnya menurut
saya tergantung dari kemampuan untuk mengidentifikasi dan memecahkan masalah.
Kemampuan ini adalah hal fundamental dalam filosofi six sigma.
Pengertian
total quality management :
Total Quality
Management atau yang disingkat TQMmenurut saya merupakan suatu pendekatan yang
berorientasi pada pelanggan dengan memperkenalkan perubahan manajemen secara
sistematik dan perbaikan terus menerus terhadap proses, produk, dan pelayanan
suatu organisasi. Proses Total Quality Management bermula dari pelanggan dan
berakhir pada pelanggan pula. Konsep Total Quality Management berasal dari tiga
kata yaitu total, quality, dan management. Fokus utama dari TQM adalah
kualitas/ mutu. Mutu sebagai tercukupinya kebutuhan (conformance
to requirement).Kata selanjutnya adalah total, yang dalam bahasa
Indonesia sering dipakai kata menyeluruh atau terpadu. Kata total (terpadu)
dalam Total Quality Management menegaskan bahwa setiap orang yang berada dalam
organisasi harus terlibat dalam upaya peningkatan secara terus menerus.Unsur
ketiga dari Total Quality Management, adalah kata management, yang merupakan
konsep awal dari TQM itu sendiri. Ada banyak definisi manajemen yang telah
dikemukakan oleh para pakar. Secara etimologis, kata manajemen berasal dari
bahasa Inggris managementyang berarti
ketatalaksanaan, tata pimpinan, dan pengelolaan.
Kelebihan six sigma :
- Six Sigma jauh
lebih rinci daripada metode analisis berdasarkan statistik. Six Sigma
dapat diterapkan di bidang usaha apa saja mulai dari perencanaan strategi
sampai operasional hingga pelayanan pelanggan dan maksimalisasi motivasi
atas usaha.
- Six Sigma sangat
berpotensi diterapkan pada bidang jasa atau non manufaktur disamping
lingkungan teknikal, misalnya seperti bidang manajemen, keuangan,
pelayanan pelanggan, pemasaran, logistik, teknologi informasi dan
sebagainya.
- Dengan Six Sigma
dapat dipahami sistem dan variabel mana yang dapat dimonitor dan direspon
balik dengan cepat.
- Six Sigma
sifatnya tidak statis. Bila kebutuhan pelanggan berubah, kinerja sigma
akan berubah
Kekurangan six
sigma :
*Cepat tidaknya
tergantung pada pemecahan masalahnya
*Rentangnya
memiliki batas
Kelebihan total
quality management :
*fokus pada
pelanggan
*obsesi terhadap
kulitas
*komitmen jangka
panjang
*kerja sama team
*perbaikan sistem secara
berkesinambungan
*pendidikan dan
pelatihan
*kesatuan tujuan
Kekurangan total
quality management :
1.
Terlalu
fokus pada kualitas dan tidak memperhatikan isu bisnis kritis lainnya.
2.
Implementasi
Total Quality Control menciptakan pemahaman bahwa masalah kualitas adalah
masalahnya departemen Quality Control, padahal masalah kualitas biasanya berasal
dari ketidakmampuan departemen lain dalam perusahaan yg sama.
3.
Penekanan
umumnya pada standar minimum kualitas produk, bukan pada bagaimana meningkatkan
kinerja produk.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar